Minggu, 24 Juni 2012 di 09.30 Diposting oleh Hanifah Aulia 0 Comments

Setsubun No Oni

    Kalian pasti pernah dengar yang namanya Setsubun. Yap. Setsubun (節分, pembagian musim) adalah suatu perayaan jepang sekaligus istilah yang digunakan di Jepang untuk hari pertama setiap musim: risshun, rikka, rishu, dan ritto. Tapi sekarang istilah "Setsubun" hanya digunakan untuk menyebut hari sebelum risshun (hari pertama musim semi) sekitar tanggal 3 Februari, sedangkan hari-hari setsubun yang lain sudah terlupakan. Ingin tahu sejarahnya ? Begini sejarahnya... simak yang benar ya, :D
Pada zaman kuno, perayaan setsubun adalah perayaan tahunan di istana kaisar. Berbagai macam boneka dari tanah liat yang sudah diberi warna dan dipajang di berbagai pintu gerbang dalam lingkungan istana. Boneka-boneka yang dibuat berbentuk seperti anak-anak dan sapi.
Tradisi mengusir Oni (makhluk kuat atau makhluk jahat) di hari setsubun itu konon berawal dari upacara Tsuina yang dikenal sejak zaman Heian. Upacara Tsuina berasal dari daratan Tiongkok dan dilakukan pada hari terakhir dalam setahun menurut kalender Tionghoa.
Di zaman modern, berbagai tradisi kuno setsubun lenyap digantikan tradisi melempar kacang dan menegakkan kepala ikan sarden yang ditusuk dengan ranting pohon hiiragi di pintu masuk rumah pada saat senja di hari setsubun. Di beberapa daerah di Jepang, orang menggantung kepala ikan sarden dan ranting pohon hiiragi di atas pintu rumah. Tradisi tersebut dilakukan untuk mengusir oni yang dipercaya lahir pada hari setsubun.
   Kacang yang digunakan dalam tradisi Melempar Kacang adalah kacang kedelai yang sudah disangrai matang lalu dilempar-lemparkan ke arah pemeran "oni". (Pernah lihat kan tradisi ini ? biasanya di film anime ada. seperti di film Detective Conan di salah satu episode kasusnya, atau film Doraemon di salah satu episode juga) Tradisi setsubun adalah perpaduan upacara mengusir arwah jahat di istana yang berasal dari tradisi Tiongkok dan upacara Mamemaki (melempar kacang) yang memiliki tujuan mirip-mirip di kuil agama Buddha dan Shinto. Kacang yang dilempar-lemparkan biasanya adalah kedelai, tapi sering diganti dengan kacang tanah.
Kedelai beserta Topengnya


Kacang dilempar-lemparkan sambil mengucapkan mantera "Oni wa soto, fuku wa uchi" (Oni ke luar, keberuntungan ke dalam). Di beberapa daerah yang memiliki kuil yang dipercaya ditinggali oni, mantera dibalik menjadi "Oni wa uchi, fuku wa soto (Oni ke dalam, keberuntungan ke luar)," atau kedua-duanya diminta masuk ke dalam. Di rumah yang ditinggali orang yang memiliki nama keluarga dengan aksara kanji "Oni" (, jin) seperti "Onizuka" atau "Kitō," mantera juga tidak mengusir "Oni" ke luar.
Kacang yang dilempar"kan sambil mengucapkan mantera

Beberapa pekan menjelang hari setsubun, toko-toko swalayan mulai menjual kacang keberuntungan (fukumame) di tempat strategis yang mudah dilihat pembeli. Kacang dijual dengan bonus topeng bergambar Oni untuk dipakai bapak/ibu atau anggota keluarga yang berperan sebagai oni, sekaligus sasaran lemparan kacang anak-anak di rumah.
Nah, di sekolah-sekolah dasar, upacara melempar kacang dilakukan murid yang berusia 12 tahun. Anak-anak yang berusia 12 tahun memiliki shio yang sama dengan shio untuk tahun itu. Kuil agama Buddha dan Shinto yang bekerjasama dengan TK (taman kanak-kanak) dan tempat penitipan anak mengadakan upacara melempar kacang oleh chigo (anak-anak kecil yang dirias) dan miko (pelayan wanita). Kuil besar mengadakan acara melempar kacang yang dilakukan atlet dan orang terkenal. Bungkusan kacang keberuntungan dilemparkan ke tengah-tengah khalayak ramai untuk ditangkap atau dipungut.

     Selanjutnya tradisi Makan Sushi. Memang memakan Sushi adalah hal yang biasa tapi beda halnya dengan ini, kalo memakan Sushi di hari Setsubun caranya berbeda dengan cara memakan Sushi sehari-hari, memakan Sushi di hari Sersubun dimakan tanpa berhenti sambil menghadap ke arah mata angin tempat bersemayam dewa keberuntungan untuk tahun tersebut. Sushi dipegang dengan kedua belah tangan dan orang yang sedang makan dilarang berbicara sampai sushi habis dimakan. Di daerah Kansai terdapat tradisi makan sushi ini yang disebut ehōmaki (sejenis futomaki yang belum dipotong-potong).
Pedagang di kota Osaka yang ingin bisnisnya lancar konon memiliki tradisi makan sushi di hari setsubun. Kebiasaan ini konon sudah dimulai di akhir zaman Edo atau awal zaman Meiji. Di awal zaman Showa, iklan tradisi memakan sushi di hari setsubun (marukaburi zushi) mulai dipasang pedagang sushi di Osaka agar orang mau membeli sushi.
Lalu seusai Perang Dunia II, tradisi makan sushi di hari setsubun ini sempat terhenti hingga tahun 1974. Pada tahun itu, pedagang nori di kota Osaka mengadakan lomba makan norimaki secepat-cepatnya. Pada tahun 1977, asosiasi pedagang nori Osaka kembali menghidupkan tradisi memakan sushi di hari setsubun dengan mengadakan acara promosi penjualan nori.
   Begitulah sekilas info tentang Setsubun... :)

sumber: wikipedia.org

0 Responses so far.

Posting Komentar

Ditunggu Komentarnya... ^_^

Visitor

free counters