Senin, 06 Mei 2013 di 05.57 Diposting oleh Hanifah Aulia 0 Comments

    Bagi yang pernah baca manga atau nonton anime, pasti pernah dengar kata “tsundere”, “yandere”, atau dere-dere lainnya. Tapi, apa kita tahu seperti apa, sih, masing-masing ~dere tersebut?
Nah, untuk kali ini, saya akan membahas mengenai pengertian dari masing-masing tipe ~dere. Yah, daripada dibilang membahas, sebenarnya saya cuma meluangkan waktu saya untuk men-copas dari beberapa situs yang saya temuin, sih~ hehe...

Cekidot~

Sebelumnya, kita akan mulai dari mengenal apa itu MOE. Kenapa kita harus tahu soal moe? Karena tipe ~dere tersebut adalah sub-karakter (atau apalah sejenisnya) dari moe.
Secara umum moe berarti sebutan imut atau cute untuk karakter manga/anime wanita yang disukai. Moe terbagi dalam dua kategori yaitu dilihat dari fisik dan dilihat dari kepribadian.

Jika dilihat dari fisiknya suatu karakter (khususnya wanita) dalam manga/anime dapat dikatakan moe jika:
~ mata besar (1/5 ukuran wajah)
~ hidung kecil tapi mancung
~ iris mata tinggi
~ memiliki poni di atas mata
~ bibir tipis

Jika dari kepribadiannya, moe terbagi beberapa karakter yang dikenal dengan istilah [sesuatu]dere. Tipe dere yang paling dikenal ada empat, tapi selain itu masih ada tipe ~dere lainnya.

Nah, apa sih “dere” itu?

Dere adalah singkatan dari dere dere (デレデレ) yang berarti menjadi penuh kasih sayang atau sedang jatuh cinta, dengan kata lain menjadi lovey dovey di depan orang yang disukainya.
Oke, karena sekarang kita udah tahu apa dere itu, kita akan lanjut ke tipe-tipe ~dere yang ada. Tipe moe jika di lihat dari kepribadiannya (atau tipe ~dere), antara lain:

1. Tsundere

Tipe moe yang paling populer belakangan ini. Tsundere merupakan akronim dari “tsun tsun” (ツンツン) yang berarti sifat galak, dingin, jutek, dan “dere dere” (デレデレ).
Tsundere adalah tipe cewek jutek dan dingin terhadap orang lain. Karakter dengan tipe tsundere biasanya adalah seorang tokoh perempuan yang digambarkan berkarakter hot-blooded, dan berusaha menyangkal setengah mati perasaannya sendiri bila jatuh cinta dengan seseorang. Selain itu, kata tsundere ini juga dipakai untuk menggambarkan seseorang yang biasanya menunjukkan sikap dingin, namun di depan orang yang disukainya, sikap tersebut berubah menjadi penuh kasih sayang. Sorot mata karakter tsundere tajam dan kalau bicara sedikit kasar, tapi sebenarnya dia baik.

Tambahan: entah kenapa dikatakan bahwa tipe tsundere sangat cocok bila dipasangi pigtail (seperti Kagami – Lucky Star; dan Asuna - Negima) atau drill (seperti Touko – Marimite) dan tipe yandere sangat cocok bila mempunyai sifat agak moe (ingat Yuno Gasai – Mirai Nikki, teman-teman... ==”).

Contoh karakter tsundere:
Kotegawa Yui - To Love RU

Ayuzawa Misaki – Kaichou wa Maid-sama
 Selain itu, tsundere dibagi lagi menjadi beberapa tipe berdasarkan faktor penyebab manifestasi sifat tsunderenya.

Tsundere natural (sifat bawaan)

Sifat tsundere yang paling umum dan paling banyak dijumpai. Sifat tsun tsun pada mulanya muncul dari perasaan cemas karakter yang bersangkutan, atau sebagai reaksi spontan untuk lari dari perasaan gugup. Perasaan ini muncul dengan spontan, bahkan dalam beberapa kasus karakter yang bersangkutan tidak menyadari perbuatannya sendiri. Ada berbagai macam tekanan yang dapat mengakibatkan kondisi mental gugup, bergantung pada sensitivitas perasaan karakter. Tipe tsundere yang satu ini sebetulnya relatif lebih mudah ditangani dibandingkan tipe tsundere yang lain.
Contoh:

http://images3.wikia.nocookie.net/__cb20120522051324/lovehina/es/images/d/d1/97743-rtyrt_large.jpg
Narusegawa Naru - Love Hina (Hmm, Senjougahara juga mungkin masuk ke tipe ini...)
Aisaka Taiga - Toradora

Tsundere narsisme

Sifat tsundere ini muncul sebagai akibat dari sifat narsis dari karakter yang bersangkutan. Perilaku tsun tsun dan dere dere darinya memang murni disebabkan sifatnya yang berpusat pada diri sendiri. Karakter seperti ini paling sulit menerima koreksi dan opini.

Contoh:
Shana - Shakugan no Shana
 Tsundere ojou

Sifat tsundere yang muncul sebagai akibat latar belakang kehidupan dari karakter yang menerapkan gaya hidup superior. Karakter seperti ini melibatkan sifat gengsi yang memicu perilaku tsun tsun. Pada kasus ini karakter yang bersangkutan akan menempatkan dirinya sebagai orang yang lebih sulit dijangkau meskipun sesungguhnya ia ingin didekati. Seringkali apa yang diutarakan atau diekspresikan berbeda dengan apa yang sebenarnya ada dalam perasaannya. Sekali titik kelemahannya ditemukan, maka karakter tersebut tidak lagi mempunyai alasan ataupun kekuatan untuk menutupi perasaan yang sesungguhnya. Ia dengan segera akan menunjukkan sifat dere dere.

Contoh: 

http://images4.wikia.nocookie.net/__cb20091116075759/rozenmaiden/es/images/2/2a/Shinku.jpg
Shinku – Rozen Maiden
Sena Kashiwazaki - Boku wa Tomodachi ga Sukunai
  Deviant tsundere

Jenis tsundere yang paling berbahaya dari semuanya. Fase tsun tsun harus dilewatinya dalam keadaan berbeda dari norma yang biasa sehingga kemungkinan besar akan mengancam kehidupan karakter lain. Keadaan deviant tsundere ini biasanya terjadi di kalangan karakter jahat atau pada karakter-karakter yang lebih menyukai darah daripada perasaan.
Contoh:
Shiro - Deadman Wonderland


 Tsundere pragmatis


Klasifikasi terbaru tsundere. Karakter ini cenderung bersikap pragmatis, menanggapi segala sesuatu secara serius, terlalu berpaut pada peraturan, dan biasanya sebagai karakter tsukomi yang memiliki selera humor yang rendah. Namun karena sikapnya yang selalu serius, pada suatu waktu ia nantinya berubah menjadi bersikap lembut, sama dengan aura moe tsundere lainnya, sehingga karakter ini secara resmi diklasifikasikan sebagai tsundere.

Contoh:
http://tri4.net/pono/weakest/08%20Fujibayashi%20Kyou/f971faeee447a7fabd7b6153301d0cea5402ea99.jpg
Fujibayashi Kyou - Clannad

Akazawa Izumi - Another
Extrovert tsundere

Tsundere yang muncul pada karakter yang ceria, ramai, banyak tingkah, ekspresif atau dengan kata lain ekstrovert. Jenis ini merupakan manifestasi tsundere yang paling kekanakan dibandingkan tsundere lainnya. Pada tipe tsundere ini, karakter yang bersangkutan akan melakukan hal apapun untuk dapat mendekati karakter lainnya, biasanya tingkah laku yang jahil atau mengganggu karakter lain, dan inilah fase tsun tsun.
Contoh:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiK9MbPHTcFSIPUHYbgY3Eo2lk38DU9ONAP9KYmOmg_wlVzCKSMSPpa5OQgiND2lXiyCC9s-P2zyKMyS7D9Al1jhSG0wtA2r3FdSBTh8NSIhs0gjA1mCci3t2Xn8qEAIcm2Jik2eX_AsCyK/s400/%25E3%2582%25B9%25E3%2582%25AF%25E3%2583%25AA%25E3%2583%25BC%25E3%2583%25B3%25E3%2582%25B7%25E3%2583%25A7%25E3%2583%2583%25E3%2583%2588%25EF%25BC%25882011-11-20+23.54.53%25EF%25BC%2589.png
Maria Takayama - Boku wa Tomodachi ga Sukunai
Introvert tsundere

Kebalikan dari extrovert tsundere, dan hanya berlaku pada karakter yang pendiam. Kecenderungannya untuk menyembunyikan perasaan sesungguhnya muncul karena sifat introvertnya sendiri. Dalam kata lain, karakter ini pada dasarnya memang tertutup. Reaksi tsun tsun kemungkinan besar hanya terjadi secara verbal. Tipe ini untuk selanjutnya disebut "dandere".
Contoh:
http://static.tumblr.com/68198e0113279da2a0eb4b3eb395e8ce/pep3xie/KUSmgt04d/tumblr_static_angel-beats.kanade-tachibana.640x960-1.jpg
Tachibana Kanade - Angel Beats


 ***
To be continued...
>Nantikan edisi selanjutnya.. (─‿‿─) : Dandere, Yandere, dan Kuudere

 sumber: 
iniblogapaansih.blogspot.com/2012/06/derepedia-berbagai-tipejenis-dere
dan sumber lainnya

0 Responses so far.

Posting Komentar

Ditunggu Komentarnya... ^_^

Visitor

free counters